Dalam dunia perdagangan atau jual beli kita banyak sekali menemukan berbagai tipe custemer. Ada yang begitu baca iklan langsung pesan kemudian trnsaksi,ada yang tanya ini itu dulu,dan ada yang tanya panjang lebar tapi gga jadi beli. Hadehhh...buang-buang waktu kan?
Sebenarnya beda tipe custemer beda juga cara menanggapinya,kan custemer ada yang santai,suka bercanda,ada yang alay dan ada juga yang serius.
Berikut beberapa tipe custemer dan cara menghadapinya :
1. Smart buyer / pembeli yang cerdas
Pembeli yang cerdas biasanya tau apa yang akan dia beli. Misal pembeli tersebut tau produk suatu penjual dari sebuah iklan yang di situ sudah dijelaskan detail barangnya. Biasanya calon pembeli ini akan segera menghubungi kontak si penjual untuk mengkonfirmasi apa saja yang mau dibeli.
*Nah... disini kita sebagai penjual, berikan pelayanan senyaman mungkin dan usahakan fast respon.
2. Pembeli yang penuh perhitungan
Pembeli ini biasanya akan memperhitungkan setiap detail barang yang dibeli walaupun hanya sepele atau sekedar remeh temeh. Pembeli tipe ini bisa dibilang pembeli yang bawel, hanya saja pembeli ini tidak terlalu banyak maunya. Pembeli ini hanya butuh detail produk yang lebih spesifik dan lebih njlimet.
*Sebagai penjual tetap berikan pelayanan yang nyaman untuk custemer. Berikan informasi sedetail mungkin mengenai produk kita. Misal detail bahan,detail warna,dan detail ukuran.
3. Pembeli yang suka diskon
Pembeli tipe ini masuk dalam kategori pembeli yang cerewet alias bawel. Minta ini dan itu. Minta diskon gede,minta freeongkir,minta bonus dll.
*Sesekali gga papa kali ya ngasih diskon atau bonus untuk custemer selama itu gga merugikan pihak penjual. Misal saja ada custemer minta diskon 10 rb, nah kita bisa aja ngasih diskon selama jumlah tersebut tidak membuat kita merugi atau kita masih dapet untung. Dengan begini kan custemer akan senang dan mungkin saja akan repeat order / membeli lagi ke kita.
4. Pembeli yang ngirit / hemat
Bagi para penjual pembeli tipe ini mungkin sudah tidak asing lagi. Pembeli ini lebih sering minta harga murah dengan kualitas yang tinggi. Padahal sebagai penjual kita kan kenal istilah ada harga ada rupa. Kalaupun bisa murah itupun harus membeli dalam jumlah yang besar.
*Hadapi pembeli tipe ini dengan tenang,kendalikan emosi. Tetap berikan pelayanan terbaik, beri penjelasan mengenai kualitas produk anda. Kualitas bahan, kualitas model,kualitas jahitan (kalau jual baju). Jika si dia jadi order,biasanya akan merekomendasikan produk kita ke kerabat atau temannya. Dengan begini produk kita akan semakin dikenal.
5. Pembanding
Dilihat dari tipenya pembeli ini sudah terkesan menyebalkan dan tak jarang bikin emosi. Si dia suka banding-bandingin produk penjual satu dengan penjual lainnya. Entah itu bandingin harga ataupun kualitas dan yang paling sering kita temui adalah membandingkan harga.
*Utamakan tenang dan sabar dalam menghadapi custemer walaupun menyebalkan. Gunakan bahasa yang baik dan santai. Tetap berikan penjelasan bahwa produk yang anda jual adalah barang dengan kualitas yang baik sehingga tidak asal dibandingin aja dengan produk lain yang semisal. Atau kalau anda kesal/jengkel lebih baik diam.
6. Tanya doang
Entah tipe pembeli ini apa maunya,biasanya kalau penjual update model terbaru pasti rajin bertanya. Mulai harga, ukuran, nanya ongkos kirim tapi beli engga.hehehe...
*Sabar itu kunci utama daannn selesai. Hehehe...
Semoga bermanfaat...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar