Sebagai seller sering kali kita menghadapi custemer yang banyak bertanya ini itu yang sebenarnya semua detail produk sudah kita cantumkan. Ada lagi yang maksa banget minta diskon,padahal beli baru sekali doang dan itu pun cuma 1 biji. Belum lagi minta freeongkir dan masih banyak maunya custemer.
Sebagai seller tentu kita sedikit terganggu dengan tingkah custemer di atas. Yang pasti kesal,males nanggepin dan kadang pengen nyakar tu custemer. Hehehehe...
Eits... Tapi tenang...
Sebagai seller kita kudu siap mental, tahan banting, tahan emosi dan yang pasti siapin kesabaran extra. Berikut tips and trik menghadapi custemer yang bawel alias rempong :
1. Posisikan diri anda (seller) sebagai teman custemer/pembeli
dengan memposisikan kita/seller sebagai teman pembeli,maka akan terjalin komunikasi yang menyenangkan antara seller dan buyer. Misalnya kita jual produk busana muslim,lalu customer bingung menentukan pilihan warna atau size. Nah kita di sini bisa berperan sebagai teman dengan cara memberikan saran/masukan yang baik untuk custemer dalam menentukan pilihan warna/size yang sesuai dengan custemer.
2. Sesekali ajaklah custemer bercanda
kadang ada juga kan custemer yang minta diskon gede padahal beli juga sebiji doang dan itupun baru sekali. Huhuhu... Tenang...santai aja. Beri jawaban dengan sedikit candaan,seperti "kalau diskon segitu berarti cuma dapet resletingnya aja ya sis. Hehehe..."
3. Gunakan pilihan kata yang santai
dalam berkomunikasi dengan custemer kadang ada sedikit ketegangan kalau custemer mulai banyak maunya. Dalam hal ini sebaiknya gunakan pilihan kata yang lebih santai seperti "g bisa mbk say..." "belum bisa ukhti sholihat..." dan masih banyak lagi.
4. Diam
daripada kita balas dengan ngomelin si custemer bawel yang mungkin saja bisa menyinggung perasaannya,lebih baik diam perbanyak istighfar biar hati lebih tenang dan emosi lebih terkendali. Percayalah rejeki gga lari kemana (hehehe kayak jodoh aja).
5. Sabar, sabar lagi dan sabar terus
seperti yang sudah kita bahas di atas bahwa sebagai seller kita kudu siap mental,siap segala resiko termasuk harus extra sabar menghadapi macam-macam karakter pembeli.
Semoga bermanfaat.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar